Langsung ke konten utama

Ular Cabe, Kecil Sih !! Tapi.......Berbisa !

Ini ular yg sebenernya ada disekitar kita, bahkan di kota2 besar jg banyak terdapat ular cabe ini.Cuma karena ukurannya yg liliput & tinggal dibawah tanah,jadi jarang yg liat.



Family : ELAPIDAE

Nama ilmiah : Maticora intestinalis.

Ciri-ciri : Punggung hitam, sepanjang badan berpita kuning/jingga dan bercabang dua di kepala, perut berwarna belang putih hitam, ekor merah,panjang maksimum 50 cm.

tipe taring : Proteroglypha, terletak pada bagian depan rahang atas. Permanen dan relatif pendek.

tipe bisa : Neurotoxin, merusak sel-sel saraf pernapasan sehingga individu yang terserang bisa ular tersebut tidak dapat mengambil oksigen untuk metabolisme sel.

sebutan :ular cabe,ulo kisi,ula kawek,ulo besi,ular tanah,worm snake,blind snake.

penyebaran habitat : Jawa,Sumatra,Kalimantan,Thailand selatan,semenanjung Malaya,Singapura dan Filipina.

efek yg diakibatkan gigitan ular ini :
o Pening
o Muntah
o Perasaan tidak enak
o Luka bengkak (1-2 jam)
o Sangat mengantuk
o Kesadaran turun
o Nafas tersengal-senal
o Anggota badan sulit diggerakkan
o Sulit menelan
o Bicara kurang jelas
o Mata membesar
o Kelopak mata tertutup

kasus fatal gigitan ular cabe :
- seorang anak kecil setelah bermain mandi bola lsg mengalami demam ktika pulang ke rumah.Ibunya tdk lsg membawa anak ini ke RS,karena mengira demam biasa.akibatnya anak ini mengalami sesak nafas & tubuh membiru,dan ketika dibawa ke RS keesokan paginya,nyawanya tidak tertolong.Dokter yg memeriksa menyatakan anak ini terkena racun ular kisi.dan ketika kolam bola tempat anak itu bermain semalam,dikuras,ternyata dibawahnya terdapat sarang ular kisi

- orang dewasa yg pernah digigit ular ini,tapi langsung dpt perawatan medis & dirawat slama 5 hari.




spesies kecil ini memiliki racun type neurotoksin yg sangat kuat dan harus diwaspadai meski sifat alamiah ular ini tidak agresif.Habitatnya di hutan-hutan,dan terkadang berkembang biak di area pertamanan dan perkebunan.Hidupnya di bawah tanah,dan makanan pokoknya adalah telur cacing, kodok kecil dan hewan2 kecil lainnya.

Ketika merasa terancam,ular ini membalikkan bagian bawah tubuh,yg secara dramastis memperlihatkan warna hitam dan putih.

Penampakan ular cabe (Maticora intestinalis)
habitat : daerah genangan air dan berlumpur
makanan pokok : ular kecil & kodok

http://pangkalan-unik.blogspot.com/2011/07/ular-cabe-kecil-sih-tapiberbisa.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cokelat adalah Senjata Brutal NAZI Pada Perang Dunia II

Ternyata Cokelat ikut ambil bagian pada Perang Dunia II ,Milton Hershey adalah produsen cokelat kenamaan di Amerika Serikat kala itu gan ikut menyuplai perbekalan pasukan amerika selama bertempur di front barat Eropa. Tiap prajurit dibekali cokelat Hershey batangan beserta segala kebaikannya. Cukup untuk menambah stamina dan juga membina persahabatan yang erat dengan anak-anak penduduk lokal. ternyata Jerman pun tidak mau kalah gan Mereka juga memanfaatkan cokelat selama berperang. Namun, tidak untuk diberikan pada prajurit mereka sendiri, melainkan untuk dikirimkan kepada pihak musuh, dalam kemasan yg menarik. Mungkin anda akan mengira cokelat tersebut telah dicampur dengan racun arsenik, atau sianida, atau apapun lah itu, agar pihak musuh yg memakannya dapat tewas seketika Sayangnya tidak sesederhana itu gan. Rencana yg ada di otak Nazi bahkan jauh lebih freaking-maniacal dari itu. Sama seperti saat seseorang bermain Mortal Kombat rasanya kurang ‘gress’ jika hanya membunuh musuh. Har

Rahasia KELEMAHAN Cewek CANTIK Dan SEKSI

Banyak cowok yang sering minder ketika mendekati seorang cewek cantik dan seksi. Kebanyakan cowok gak punya rasa percaya diri jika mau "NEMBAK" cewek cantik dan seksi itu. Kebanyakan mereka khawatir, takut ditolak, atau malah dicuekin, dan malu jika itu terjadi, karena bisa menjatuhkan harga diri si cowok. Padahal jika para cowok tau kelemahan si cewek cantik dan seksi itu. wah,,, dijamin bakal jadi cowok yang "pede" sepanjang hidupnya.. HaHaHa. Cukup BASAH-BASInya karena yang nulis uda BASAH kehujanan waktu di motor tadi dan mungkin entar lagi BASI gara-gara kedinginan. T.T Ingat ini sangat rahasia dan jangan gunakan untuk hal-hal yang tidak baik. :D Cuma orang yg beruntung yang bisa membaca artikel ini.(yang gak beruntung orang yang gak bisa baca."siapa suruh gak sekolah") sebenarnya yang ada dalam pikiran CEWEK CANTIK dan SEKSI adalah: 1. Cewek Cantik dan Seksi sebenarnya juga sangat berharap perhatian dari para cowok di sekelilingnya. Itu bisa dicermat
film terbaru dari cars